Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pertambangan dan Kelangsungan Alam


Pertambangan adalah upaya yang dilakukan mulai dari pencarian, penggalian, pengolahan, pemanfaatan, dan penjualan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Dalam proses penambangan memengaruhi berlangsungnya SDA yang dapat diperbarui yaitu lingkungan alam sekitarnya. Maka dalam menambang perlu memerhatikan pengelolaan lingkungan yang ada disekitar lokasi tambang. Apabila lingkungan yang ada disekitar tambang tidak dikelola dengan baik maka pada saat tambang dihentikan karena bahan tambang yang diambil sudah habis maka lingkungan sekitar yang merupakan SDA yang dapat diperbarui akan habis pula. Habis disini dalam artian lingkungan rusak dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan kelestarian lingkungan.
Memerhatikan lingkungan lokasi tambang dapat dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor risiko apa yang akan terjadi pada saat akan dibangunnya lokasi tambang, berlangsunya proses menambang, hingga penutupan lokasi tambang. Faktor-faktor risiko ini perlu diidentifikasi agar nantinya faktor ini dapat dicegah dan dapat ditangani sebelum terjadi kerusakan yang fatal pada lingkungan sekitar tambang.
Kegiatan menambang memang diperbolehkan namun perlu memperhatikan kelestarian lingkungan agar generasi masa depan tidak kehilangan dua SDA sekaligus yaitu SDA yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar